Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Share It

Home » » PEMANFAATAN SIRIP IKAN HIU

PEMANFAATAN SIRIP IKAN HIU


MAKALAH TIK
“PEMANFAATAN SIRIP IKAN HIU”



DISUSUN OLEH
NAMA                  :                 ARTHUR DWI ANANDA PUTRA
KELAS                 :                 XI IPA 3
NO.ABSEN                   :                  07


SMA NEGERI 2 UNGARAN
TAHUN AJARAN 2012-2013


 






KATA PENGANTAR


         Teiring syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa, atas semua rahmat dan kekutan-Nya sehingga Tugas TIK Makalah ini dapat selesai. Makalah ini dihadirkan sebagai referansi serta untuk meningkatkan ilmu pengetahuan tentang Manfaat Sirip Ikan Hiu.
          Makalah ini merupakan wujud konstribusi dalam dunia pendidikan di tanah air ini. Kemajuan zaman dan perkembangan dunia yang semakin maju menuntut siswa menjadi generasi yang cerdas, terampil, kreatif, mandiri, dan memiliki kepribadian yang sesuai dengan budaya bangsa, sehingga memiliki daya saing yang tinggi, serta berkarakter dan berakhlak mulia. Harapan saya makalah tentang Manfaat Sirip Ikan Hiu dapat membantu dalam belajar.
         Saya menyadari bahwa “Tiada Gading Yang Tak Retak” tentunya masih jauh dari kesempurnaan dan perkembangan selanjutnya. Tak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu.
         Semoga makalah Manfaat Sirip Ikan Hiu ini dapat memberikan dan dapat diterima manfaat yang besar serta menjadi sarana belajar utama. Kritik dan saran selalu saya harapkan demi semakin berkualitasnya makalah-makalah selanjutnya.











DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………        1
DAFTAR ISI                ………………………………………………        2             
BAB I. PENDAHULUAN
  • LATAR BELAKANG ……………………………………..            3
  • PERUMUSASAN MASALAH ……………………………           4
  • TUJUAN PENULISAN ………………………………........           4
BAB II. PEMBAHASAN
  • PENGERTIAN SIRIP IKAN …………………………….             5         
  • KHASIAT DALAM SIRIP IKAN HIU ……………….....             6
  • CARA PENGOLAHAN SIRIP IKAN HIU  …………….            11
  • MANFAAT SIRIP IKAN HIU …………………………...           14
BAB III. PENUTUP
  • KESIMPULAN ……………………………………………           15
  • SARAN …………………………………………………….                        15
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………….                        16





BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG

         Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin)[1] yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic. Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inci). Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai "ikan", seperti ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.
       Dari semua jenis spesies ikan terdapat ikan yang mempunyai nilai kuantitas dan kualitas serta nilai ekonomis yang tinggi, yaitu ikan hiu. Ikan hiu merupakan predator ganas di lautan tetapi di lain hal ikan hiu memiliki nilai ekonomis serta nilai gizi yang tinggi. Kandungan gizi yang ada di dalam ikan hiu meliputi Omega 3 yang sangat bermanfaat untuk membantu kinerja saraf otak dan diperuntukan untuk bayi atau janin, Vitamin seperti vitamin A, D, B6, B12 Vitamin A yang terdapat pada bagian sirip iakan hiu yang menghasilkan minyak dapat mencegah kebutaan pada anak, dan berbagai kandungan gizi lain seperti Zat besi, Yodium, Selenium, Seng, dan Flour.
      Dalam segi ekonomis ikan hiu dapat dijadikan sebagai lapangan pekerjaan. Ikan Hiu dapat di buat berbagai jenis masakan seperti sup ikan hiu yang terkenal dengan kelezatannya dan kemahalannya. Sekarang ini banyak sekali yang menjual olahan masakan ikan hiu terutama di daerah Jepang.
  1. PERUMUSAN MASALAH

1.      Pegertian Sirip Ikan.
2.      Khasiat Yang Terkandung Dalam Sirip Ikan Hiu.
3.      Cara Pengolahan Sirip Ikan Hiu.
4.      Manfaat Sirip Ikan Hiu.

      
C.    TUJUAN


1.      Bagi Siswa.
        Untuk menambah ilmu pengentahuan alam tentang dunia binatang yaitu ikan terutama pada ikan hiu tentang manfaat, cara pengolahan, khasiat yang terdapat dalam ikan hiu, serta dapat mengetahui nilai-nilai gizi yang ada di dalamnya.
2.      Bagi Masyarakat.
        Untuk menambah pengetahuan serta menambah modal kerja, agar dapat menciptakan lapangan kerja seperti berbisnis, contohnya perikanan dan pembudidayaan.






BAB II
PEMBAHASAN


A.    PENGERTIAN SIRIP IKAN

        Sirip ikan adalah organ yang menonjol dari suatu permukaan ikan yang ditutupi selaput kulit yang menghasilkan gaya angkat dan gaya dorong atau digunakan untuk meluncur di air atau di fluida lain. Sirip pada ikan terletak di berbagai tempat untuk berbagai fungsi seperti gerak maju, berputar, atau mempertahankan posisi tegak. Sirip juga berguna untuk alat melarikan diri dari serangan pemangsa lain. Sirip Ikan terdiri dari pinna, caudalis,dorsalis, dan analis. Sirip-sirip ikan yang bersifat lemah dank eras.
       Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin)[1] yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inci). Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai "ikan", seperti ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.
B.     KHASIAT YANG TERKANDUNG DALAM IKAN HIU

TENTANG IKAN HIU
Ikan  hiu merupakan 7% dari seluruh jenis ikan yang ada.  Sebagian besar menghuni perairan laut di semua samudera maupun perairan air tawar.  Jenisnya beranekaragam mulai dari yang terbesar yaitu ikan hiu paus (whale shark), Rhincodon typus yang berukuran panjang  tubuh 14 meter hingga yang terkecil berukuran panjang 15 cm yaitu Squaliolus laticadus.  Separuh dari semua jenis ikan hiu panjangnya tidak lebih dari 1 meter dan sekitar 80% ukuran tubuhnya lebih kecil dari ukuran tubuh orang dewasa umumnya. Menurut evolusi, ikan hiu merupakan salah satu hewan yang dapat hidup di laut selama ratusan juta tahun lamanya.  Mereka mampu melawan kepunahan melalui keanekaragaman relative.  Oleh sebab itu menjadi species indicator yang baik guna mengukur dampak kegiatan manusia di dalam ekosistem laut. Di dalam rantai makanan pada ekosistem laut, ikan hiu menduduki tingkatan konsumen puncak (top level) sebagai predator yang amat berpengaruh bagi keseimbangan ekosistem.  Banyak pakar kelautan meyakini bahwa ikan hiu merupakan mahluk vital dalam menjaga keanekaragaman hayati, khususnya di perairan laut.
       Ikan yang menghabiskan waktunya di dasar perairan atau pada celah-celah terumbu karang berair jernih. Ikan ini merupakan predator dan habitatnya berada pada kedalaman antara 8 - 40 meter. Setiap jenis ikan hiu mempunyai laju renang membentuk pola yang khas dengan laju tertentu. Dilihat pada aspek lateral, renang ikan hiu dikategorikan amplitude horizontal wriggle. Kategori ini mempunyai pola renang hiu meliuk ke kanan dan ke kiri yang dibangkitkan dari badan ikan Hiu secara horizontal. Perubahan fase akustik dapat menentukan laju renang ikan Hiu Sirip Putih (Triaenodon obesus). Sinyal yang dipantulkan oleh instrumen pembangkit fase dari gerakan morfologi ekor diperoleh estimasi laju normal renang ikan Hiu secara digital. Hasilnya teridentifikasi bahwa estimasi laju renang normal ikan hiu sirip putih adalah 3 m/det, dimana untuk 1 (satu) gerakan dihasilkan 2 puncak sinyal akustik dari cuping bagian atas (upper lobe) dan cuping bagian bawah (lower lober) dalam 1/10 detik. Dari analisis spektrogram 3D terbagi

KEISTIMEWAAN IKAN HIU
Ikan hiu memiliki 7 (tujuh) indra, yakni pendengaran, penciuman (dapt mencapai beberapa mil jauhnya), peraba (touch), penglihatan, pengecapan (taste), rangsangan listrik (electrosense) serta garis tepidan organ-organ titik (pit organ) untuk menangkap getaran yang lemah.  Ikan bertulang rawan ini dikenal sebagai jenis yang mampu bermigrasi sangat jauh (migratory species) mengarungi samudera melintasi batas Negara dan benus untuk mencari pakan dan berproduksi.  Menurut laporan Wild Aid : The of the Line ? Global Threat to Shark yang ditulis  Susie Watts (2001), seekor ikan hiu biru (Blue shark), Prionace glauca yang diberi tanda (tag) di Tasmania tahun 2000 tertangkap di perairan bagian tenggara Afrika yang berjarak lebih kurang 9.500 km.  Kejadian serupa dialami pula oleh ikan hiu jenis Spiny dogfish, Squalus acanthias yang diberi tanda (tag) di Negara bagian AS, muncul perairan Jepang tujuh tahun kemudian setelah menempuh perjalanan sejauh 6.600 km.  Tertangkapnya ikan hiu tersebut sebagian besar adalah karena tersangkut jarring longline oleh kapal penangkap ikan.Selain dagingnya, bagian –bagian tubuh ikan hiu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia antara lain :
·         minyak hati untuk bahan pencelupan dan industri tekstil, pabrik pelumas, cat, kosmetik, sumber vitamin A dan produk farmasi,
·         squalane dari hati untuk dibuat dibuat obat (bersifat medis),
·         darah diginakan digunakan dalam bidang kedokteran (anti koagulan),
·         kornea mata untuk transplantasi mata manusia,
·         tulang rawan dan sari tulang rawan digunakan untuk pengobatan penyakit tulang, kanker, kulit biautan dan obat luka baker,
·         gigi untuk perhiasan dan senjata (oleh suku maori) serta cindramata,
·         kulit digunakan untuk bahan makanan, penggosok dan pembuatan pakaian renang,
·         sirip punggung merupakan makanan mahal setelah dibuat soup.  Harga semangkuk soup sirip hiu mencapai US$ 100,00 di restoran-restoran seafood di seluruh dunia
       Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa bagian yang menonjol adalah pada bagian siripnya karena pada bagian tersebut mempunyai nilai-nilai gizi yang tinggi serta harga jual yang tinggi. Kandungan Ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya antara lain :
       Kandungan ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkan kandungan ikan yang kaya akan manfaat.
       Pada ikan Hiu memiliki hati yang kaya akan minyak hati. Hati merupakan organ yang berfungsi untuk menbersihkan racun dalam tubuh serta menghasilkan empedu. Pada spesies hiu minyak hati dapat mencapai 80%, minyak hati banyak mengandung vitamnin A dan skualen. Skualen merupakan bahan baku dalam pembuatan kosmetik.
  • Meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.
  • Mengurangi pusing atau lemas akibat darah rendah. Mencegah perkembangan sel kanker.
  • Menurunkan kadar kolesterol, LDL dan trigliserida dalam darah.
  • Membantu penderita penyakit jantung koroner.
  • Melancarkan buang air besar.
  • Menormalkan gula darah.
Meringankan penderita Rhematoid arthritis
        Pada bagian terpenting yaitu pada bagian siripnya mempunyai nilai gizi yang terkandung sebagai berikut :
Ikan hiu, mentah

Nutrisi, Nilai per 100 gram porsi makanan
Air, 73.58 g
Energi, 130 kcal
Energi, 544 kj
Protein, 20.98 g
Total lemak, 4.51 g
Karbohidrat, 0 g
Serat, 0 g
Ampas, 1.39 g
Mineral
Kalsium, Ca, 34 mg
Besi, Fe, 0.84 mg
Magnesium, Mg, 49 mg
Phospor, P, 210 mg
Potassium, K, 160 mg
Sodium, Na, 79 mg
Seng, Zn, 0.43 mg
Tembaga, Cu, 0.033 mg
Mangan, Mn, 0.015 mg
Selenium, Se, 36.5 mg
Vitamin
Vitamin C, asam ascorbic, 0 mg
Thiamin, 0.042 mg
Riboflavin, 0.062 mg
Niacin, 2.938 mg
Asam Pantothenic, 0.695 mg
Vitamin B-6, 0.4 mg
Folate, 3.2 mcg
Vitamin B-12, 1.488 mcg
Vitamin A, 233 IU
Vitamin A, RE, 70 mcg_RE
Vitamin E, 1 mg_ATE
Lemak
Asam lemak jenuh, saturated, 0.925 g
4:0, 0 g
6:0, 0 g
8:0, 0 g
10:0, 0 g
12:0, 0 g
14:0, 0.08 g
16:0, 0.726 g
18:0, 0.117 g
Asam lemak tak jenuh, monounsaturated, 1.808 g
16:1, 0.253 g
18:1, 0.979 g
20:1, 0.266 g
22:1, 0.31 g
Asam lemak tak jenuh, polyunsaturated, 1.195 g
18:2, 0.076 g
18:3, 0.028 g
18:4, 0.031 g
20:4, 0.108 g
20:5, 0.316 g
22:5, 0.109 g
22:6, 0.527 g
Kolesterol, 51 mg
Asam Amino
Tryptophan, 0.235 g
Threonine, 0.92 g
Isoleucine, 0.967 g
Leucine, 1.705 g
Lysine, 1.926 g
Methionine, 0.621 g
Cystine, 0.225 g
Phenylalanine, 0.819 g
Tyrosine, 0.708 g
Valine, 1.081 g



C.    CARA PENGOLAHAN SIRIP IKAN HIU

     Ikan hiu memiliki nilai gizi serta nilai ekonomis yang tinggi dengan diserti nilai gizi yang tinggi ikan hiu banyak sekali peminatnnya contohnya saja dalam kuliner ikan hiu tepatnya pada bagian siripnya dapat dilolah menjadi sup sirip ikan hiu. Biasanya para nelayan menggunakan Finning yaitu cara menangkap hiu dengan menghapus sirip dan membuang tubuh di laut.
Hiu Finning
http://www.sharkamigos.org/wp-content/uploads/2011/07/Maximilian-Hirschfeld-2010-Marine-Photobank-635x371.jpg      Sup sirip ikan hiu, campuran agar-agar sirip dorsal, caudal dan dada hiu, mendukung multi miliar dolar industri mempopulerkan praktek "finning." Finning adalah tindakan menghapus sirip dan membuang tubuh di laut. Tanpa menggunakan sirip mereka, hiu lumpuh tenggelam atau mati kelaparan. Finning hiu di laut memungkinkan nelayan untuk mengangkut sirip di kapal dalam jumlah besar tanpa harus mengakomodasi bagi tubuh lebih besar, besar hiu.
Sup sirip ikan hiu
      Konsumsi sup sirip ikan hiu adalah tradisi yang telah lama dalam budaya Cina, disukai oleh Kaisar dan bangsawan sebagai tanda kemakmuran dan rasa hormat. Praktek ini sekarang lumrah di sebagian besar Asia, terkonsentrasi di daratan Cina dan Hong Kong.
http://www.sharkamigos.org/wp-content/uploads/2011/07/Lynac-flickr2-635x476.jpgSetelah disediakan untuk eselon atas masyarakat Cina, sup sirip ikan hiu telah menjadi standar tarif tidak hanya di negara-negara Asia, tetapi semakin di negara-negara Barat juga. Eropa penawaran dan permintaan telah berkembang secara signifikan dalam beberapa dekade, memperluas pasar untuk negara-negara seperti Spanyol dan Perancis.
Sup sirip ikan hiu dibedakan oleh serat elasten lembut kolagen yang dikenal sebagai 'sirip jarum' digunakan untuk membuat agar-agar tekstur unik. Sementara pengganti sirip hiu tersedia untuk meniru tekstur yang diinginkan, sirip hiu tetap di permintaan tinggi dan dengan demikian bisnis yang menguntungkan untuk banyak nelayan. Tanaman dan hewan alternatif berbasis menyediakan sama rasa dan tekstur pada harga secara signifikan lebih murah yang sering dilayani oleh restoran dengan atau tanpa pengetahuan tentang pelanggan. Untuk mengotentikasi rasa dan mengurangi biaya, sirip hiu buatan dan nyata biasanya dicampur bersama-sama dalam rasio 30/70, masing-masing.
Biaya ekonomi & sosial
      Satu semangkuk sup sirip ikan hiu dapat biaya ke atas dari $100. Sementara sirip hiu produk ikan yang paling mahal di dunia, hiu daging relatif murah, incentivizing nelayan untuk membuang produk daging dan selektif saham sirip kapal kapal mereka. Sup sirip ikan hiu telah menjadi simbol yang diakui secara internasional masyarakat yang tinggi, didambakan oleh epicureans dan pendaki sosial yang sama. Industri sangat menguntungkan dari kelas menengah semakin kaya sebagai basis pelanggan broadening yang mampu untuk membeli sup, bersemangat untuk menunjukkan kekayaan dan peringkat mereka.
      Harga jual bervariasi menurut jenis spesies dan sirip, memihak sirip punggung dan dada pertama martil, mako, Paus, whitetip, biru, gelap, lemon dan hiu putih besar. Sirip tradisional dijual di set yang terdiri dari dua sirip dada, sirip dorsal pertama dan lobus lebih rendah sirip caudal, sebaiknya semua dari individu yang sama. Set biasanya dijual kering per kilo, meskipun mereka juga tersedia basah semi (yaitu diproses), siap, atau siap untuk makan. Karena industri bergantung terhadap pengolahan dan kemasan fase, finning lazim di negara-negara seperti Jepang, Australia, Spanyol dan Meksiko yang telah mengembangkan infrastruktur memadai dan pasca panen teknologi untuk menghasilkan kualitas tinggi, sirip yang diinginkan.




D.    MANFAAT SIRIP IKAN HIU

Ikan Hiu memiliki banyak sekali manfaat dengan ditunjangnya gizi-gizi dan khasiat yang ada didalam hiu tersebut contohnya saja :
  1. Dari segi Lingkungan
        Degan banyaknya dibudidayakan Ikan hiu populitas ikan hiu makin bertambah.
  1. Dari Segi Pendidikan
        Ikan Hiu dapat dijadikan bahan referensi terbaru dalam Ilmu Pengetahuan Alam, denagan mengetahui tersebut kita dapat tahu bagaimana peran Ikan hiu dalam pengendalian ekologi di lautan.
  1. Dari Segi Masyarakat
      Ikan hiu dapat dijadikan bahan referensi terbaru dalam kehidupan serta masyarakat tahu dengan kandungan-kandungan gizi yang ada di dalam ikan hiu tersebut sehingga dapat dijadikan pilihan menu makan dirumah.
  1. Dari Segi Negara
       Degan ikan hiu sekarang Pemerintah dapat memberikan ide untuk menciptakan lapangan kerja.


BAB III
PENUTUP
A.    PENUTUP

        Sirip ikan hiu  adalah ikan yang mempunyai nilai gizi, nilai ekonoimis, serta kegunaan yang banyak. Mengkonsumsi sirip ikan hiu Kandungan sirip ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehata, seperti :
B.     SARAN
        Saran saya agar Ikan hiu dibudidayakan dan dimanfaatkan sebaiknya, serta jangan mengeksplotasi berlibih-lebihan karena jika itu dilakukan akan mengakibatkan punahnya ikan hiu serta rusaknya ranti makanan dalam ekosistem laut. Akhir kata saya menyadari adanya salah kata ataupun makna saya mohon maaf sebesar-besarnya, saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Kritik atau saran saya terima untuk menambah referensi saya dalam membuat tugas-tugas berikutnya.

DAFTAR PUSTAKA


·         http://id.wikipedia.org/wiki/Hiu_karang
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Ikan
·         http://.wordpress.com/khasiat-sirip-ikan-hiu
·         http://www.sharkamigos.org
·         http://health.kompas.com/read/2011/05/17/11341740/Manfaat.di.Balik.Amisnya.Minyak.Ikan
·         http://www.indonesiaherbal.com
·         http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2012/02/06/sup-hisit-sirip-ikan-hiu-masakan-termahal

0 komentar:

Poskan Komentar